Cara Install Webuzo di VPS

Ada beberapa alasan bagi pemilik web untuk tetap memaksa menggunakan shared hosting ketimbang vps, salah satunya adalah anggapan bahwa menggunakan vps bakal ribet banget karena ngaturnya bakal lewat console atau terminal, padahal sudah terbiasa dengan cpanel untuk manage web. Jika ada yang berpikiran seperti itu berarti salah besar, karena di vps kita juga bisa menggunakan cpanel, hanya saja provider vps tidak menyediakan cpanel secara gratis seperti di shared hosting, kita masih perlu berlangganan cpanel sekitar $20 per bulan, mahal banget kan.. Nah untuk memperingan pengeluaran, kita bisa menggunakan control panel gratis yang tidak kalah dengan cpanel, salah satunya adalah webuzo.

Webuzo sendiri memiliki paket gratis dan berbayar, bedanya di jumlah fasilitas yang diperoleh. Paket berbayar webuzo masih jauh lebih murah ketimbang cpanel, kalau cpanel perbulan $20, maka di webuzo anda hanya cukup mengeluarkan biaya $2.5 perbulan, jauh bukan?

Oke, kembali ke topik bahasan, kali ini kita akan membahas cara menginstall webuzo di vps anda, kita gunakan yang versi gratis. Sebelumnya perlu saya informasikan spesifikasi minimum vps untuk menggunakan webuzo

  • OS yang bisa digunakan adalah CentOS 6.x / 7.x, Red Hat Enterprise Linux 6.x / 7.x, Scientific Linux 6.x / 7.x, Ubuntu LTS. Semuanya menggunakan yang 64 bit ya!
  • RAM minimum 1 GB, lebih besar lebih baik. Bagaimana jika RAM 512 MB? Bisa, hanya saja karena proses webuzo membutuhkan RAM yang lumayan, jika trafik web anda tinggi bisa jadi vps anda akan down. Karena ketika dites saat idle dengan web kosongan saja proses webuzo sendiri sudah memakan RAM sekitar 130-140 MB.
  • Minimal disk space 5 GB, untuk jaga – jaga paling tidak 10 GB lebih baik.
  • Untuk virtualisasi yang biasa digunakan di vps seperti KVM atau OpenVZ, webuzo sudah mendukung keduanya.

Proses Instalasi Webuzo

Pertama adalah mendownload paket webuzo menggunakan perintah

wget -N http://files.webuzo.com/install.sh

Setelah itu ganti permission paket tersebut dengan 755

chmod 0755 install.sh

Kemudian jalankan instalasi paket webuzo

./install.sh

Perintah diatas berlaku untuk CentOS maupun Ubuntu. Jika sudah menjalankan perintah diatas, tunggu proses instalasi hingga selesai, kurang lebih 5-10 menit (tergantung spek dan koneksi vps).

Apabila proses instalasi paket sudah selesai, langkah berikutnya adalah membuka url di browser anda sesuai info yang diberikan dalam petunjuk. URLnya adalah IP vps anda ditambahkan :2004.

Jika anda membuka URL barusan, maka akan muncul halaman form setup webuzo

Keterangan:

  • Username: Isi dengan username admin, kelak akan digunakan untuk login webuzo.
  • Email Address: masukkan email aktif anda.
  • Password: Password yang digunakan untuk login.
  • Primary Domain: Isi dengan nama domain anda, jika belum punya bisa menggunakan alamat IP vpsnya.
  • Nameserver 1 dan 2: Apa nameserver anda, jika belum ada isi dengan ns dummy yakni ns1.example.com dan ns2.example.com. Bisa juga membuat ns sesuai primary domain yang anda isi misal ns1.nandama.com dan ns2.nandama.com.
  • License Key: Jika anda menggunakan versi berbayar, masukkan license key-nya disini. Tapi jika hanya menggunakan versi gratis kosongi saja kolom ini.

Jika sudah diisi semua klik Install. Apabila proses setup sudah selesai maka akan muncul halaman informasi dari webuzo seperti berikut

Di halaman ini anda bisa melihat informasi login admin atau login enduser untuk manage web di webuzo. Untuk login admin webuzo menggunakan port 2004 atau dengan url IP vps ditambahkan :2004, sedangkan enduser untuk manage web seperti menambah web baru atau menginstall aplikasi tambahan anda bisa menggunakan port 2002, dengan url IP vps ditambahkan :2002. Untuk mencobanya klik saja url yang diberi anak panah pada gambar diatas, maka anda akan masuk dashboard enduser

Sampai disini berarti proses instalasi sudah selesai. Dan webuzo sudah siap digunakan, mulai untuk menambahkan web baru, sampai mengintall aplikasi yang anda butuhkan.

Kalau bicara kelebihan, webuzo ini adalah panel super komplit, terlebih jika anda menggunakan yang versi berbayar, dijamin pusing lihat terlalu banyak menu 😀 Tapi overall kalau anda butuh panel gratis atau berbayar tapi murah meriah, webuzo bisa jadi pilihan utama.

 

Leave a Reply