Cara Membuat atau Menambahkan File Swap pada Linux

Kalau anda mengenal dan sudah tahu fungsi virtual memory di Windows, nah file swap ini adalah istilah punya Linux. Fungsinya sama yakni menampung sementara data yang tak muat di RAM ke harddisk, yang nantinya pengolahan data akan dilakukan di virtual memory ini. Jadi kalau RAM sudah kewalahan, maka proses akan dialihkan ke file swap, sehingga kemungkinan error Out of Memory bisa dicegah.

Oiya ada satu hal yang mungkin perlu diperhatikan, jika anda pernah mendengar bahwa ukuran file swap ini harus dua kali ukuran RAM, itu bukan patokan ya, jadi gak harus pakem seperti itu. Sekarang kita misalkan RAM anda sudah besar, anggap saja 8 GB, kalau file swap harus dua kali lipat berarti 16 GB donk.. yakin nih mau habisin harddisk segitu gede cuma buat swap? kalau saya sih sayang banget lah. Jadi untuk ukuran swap sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

Langsung saja kita bahas cara membuat atau menambahkan file swap di Linux. Langkah pertama adalah akses root, kemudian masukkan perintah berikut

dd if=/dev/zero of=/swapfile bs=1024 count=512k

Perintah diatas untuk membuat file swap, anda bisa sesuaikan ukuran file swap-nya dengan mengganti nilai count, 256k untuk 256 MB, 1024k untuk 1 GB dan seterusnya.

Setelah perintah diatas dieksekusi, akan muncul info proses seperti berikut

524288+0 records in
524288+0 records out
536870912 bytes (537 MB) copied, 1.33843 s, 401 MB/s

Lanjutkan dengan membuat swap

mkswap /swapfile

Kemudian kita aktifkan file swap yang barusan dibuat

swapon /swapfile

Supaya file swap yang sudah dibuat bisa aktif saat booting anda perlu menambahkan perintah berikut

echo '/swapfile swap swap defaults 0 0' >> /etc/fstab

Terakhir ubah hak akses (privilege) supaya tidak diakses sembarangan

chmod 0600 /swapfile

Dengan begini kita sudah berhasil membuat file swap, dan untuk melihat bahwa file swap sudah tersedia, bisa kita cek menggunakan perintah free -m

[email protected]:~# free -m
             total       used       free     shared    buffers     cached
Mem:          1000        612        387          4          7        558
-/+ buffers/cache:         46        953
Swap:          511          0        511

Bisa dilihat pada baris swap sudah berisi 512 MB sesuai yang sudah dibuat. Langkah membuat file swap diatas bisa diaplikasikan untuk semua distro, CentOS, Ubuntu, Arch, Debian dan seterusnya.

Leave a Reply