Mengenal Apa itu CDN dan Alasan Kenapa Menggunakannya

CDN adalah kependekan dari Content Delivery Networks, yakni sebuah sistem yang memungkinkan untuk menyimpan aset dari sebuah website di beberapa lokasi. Sehingga pengunjung website bisa menerima aset tersebut dari lokasi terdekat.

Jenis aset atau konten yang akan disimpan dalam CDN bersifat static. Artinya merupakan jenis aset yang tidak berubah atau bisa jadi jarang berubah, contohnya gambar, video, audio, css, js, dll.

Untuk lebih memperjelas, sebagai contoh, jika kita menghost web di New York, dan pengunjung website berada di Jakarta. Pengunjung tidak akan langsung diarahkan ke server, melainkan diarahkan ke jaringan server CDN terdekat, misal Singapura. Dengan begini waktu load web jadi lebih cepat, dan tentu saja akan menghemat bandwidth server.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan CDN?

1. Kecepatan Web – Seperti yang dijelaskan diatas, CDN dapat meningkatkan kecepatan load website, terlebih apabila web tersebut menampilkan banyak gambar, maka akan sangat efektif jika dapat mengakses dari server terdekat.

2. Daya Tahan – Bagi pemilik web yang memiliki banyak visitor, dengan banyaknya user yang mengakses web secara bersamaan tentu saja akan sangat membebani server dan tak jarang mengakibatkan “500 Internal Server Error”. Dengan menggunakan CDN maka beban tidak akan ditanggung 100% oleh server kita.

3. Hemat Bandwidth – Jika akses tidak ditanggung 100% oleh server kita, tentu saja hal ini akan menghemat bandwidth server. Request aset seperti gambar dan file static lainnya akan ditanggung server CDN. Server CDN akan secara periodik mengupdate aset tersebut secara berkala.

4. SEO Friendly – Menurut sabda Google, kecepatan load yang baik pada sebuah web akan mempengaruhi posisi SERP atau hasil pencarian di search engine.

Kapan Harus Menggunakan CDN?

Bila anda memiliki target visitor di dalam satu wilayah saja, misal Indonesia, maka menurut saya anda belum sepenuhnya perlu menggunakan CDN. Menyewa server di area wilayah tersebut akan lebih hemat ketimbang harus menyewa server dan layanan CDN sekaligus (tentu saja dengan syarat performa servernya bagus).

Akan tetapi lain halnya jika server anda berada di luar area target, misal target Indonesia tapi server di Amerika. Atau bisa juga target anda luas, dari berbagai belahan dunia, dan ternyata dari hasil benchmark server, koneksi ke area target anda kurang memuaskan. Nah akan lebih maksimal jika anda menggunakan layanan CDN.

Apakah Layanan CDN itu Berbayar?

Tentu saja. Ada beberapa layanan CDN yang masuk rekomendasi antara lain MaxCDN, KeyCDN, Amazon CloudFront, CDN77 dan yang lainnya. Tapi tenang, disamping layanan CDN berbayar, ada juga beberapa layanan CDN yang diberikan secara gratis, anda hanya perlu untuk mencoba CDN yang paling maksimal untuk web anda.

Leave a Reply