Tips Cara Menghapus Virus Berekstensi .exe dan .pif

Sebenarnya ini adalah jenis virus yang mulai ada sejak jaman baheula. Tapi kemarin kebetulan dapat kado virus .pif lagi, apes lah haha..

Ini adalah jenis virus bandel yang kalau anda hapus, biasanya tetap muncul lagi. Dan saking bandelnya, ini virus lolos dari scan antivirus. Bahkan dulu kalau baca di forum, ada yang sudah sampai instal ulang OS, dan kemudian apa yang terjadi.. dia muncul lagi.

Inti dari virus ini adalah sebuah file bernama autorun.inf, berisi script untuk menciptakan file .exe atau .pif, kemudian menyebarkan kesemua drive. Jadi selama file ini belum hilang maka usaha buat hapus file virus .exe atau .pif akan sia-sia.

Jadi Gimana Cara Menghapusnya?

Langkah 1 – Buka notepad, kemudian copas script dibawah ini. Script ini berfungsi untuk menghapus file autorun.inf

attrib -r -a -s -h autorun. inf
erase autorun. inf
copy remove. inf autorun. inf
attrib +r +a +s +h autorun. inf

Setelah itu SaveAs, ubah typenya menjadi All File dan beri nama file terserah anda, serta beri ekstensi .bat. Misal: Delete.bat.

Langkah 2 – Buka notepad lagi dan buat new file. Kemudian isi dengan teks terserah anda. Misal: “mampus lu virus madafaka!” 😀 Karena script di langkah 1 baris ke-3 filenya bernama remove, maka SaveAs dengan nama remove.inf, dan jangan lupa ubah typenya menjadi All File.

Langkah 3 – Setelah kita membuat dua file delete.bat dan remove.inf tadi, langkah berikutnya buka file delete.bat dengan dobel klik kiri file tersebut.

Nah setelah semua langkah diatas dilakukan, silahkan anda cek lagi apakah file autorun.inf masih ada atau tidak. Tentu saja karena file ini terhidden, maka aktifkan dahulu mode show hidden file di Folder Options. Dan apabila masih ada beberapa file bawaan virus tadi, hapus semua sisa file tersebut.

Leave a Reply