Tutorial Cara Menambahkan Web baru di Webuzo

Jika anda sudah terbiasa menggunakan cPanel, maka untuk urusan menambahkan web akan sangat sederhana, untuk menginstal cms seperti wordpress pun sudah hampir dipastikan akan diserahkan pada softaculous. Hanya tinggal menambahkan domain di addon domain, lalu dengan satu klik softaculous, isi form setup, selesai deh web baru sudah bisa kita hosting di server. Nah ini juga berlaku untuk panel Webuzo karena mereka memang dibawah naungan softaculous. Hanya saja pada versi gratis webuzo, wordpress tidak disediakan auto installernya, jadi kita perlu menginstal wordpress secara manual. Tapi jika anda menggunakan webuzo versi berbayar, semua layanan auto installer untuk cms umum bisa kita dapatkan.

Karena webuzo pada versi gratisnya tidak menyediakan auto installer wordpress, maka kali ini kita akan membahas bagaimana cara menambahkan web baru dan menginstal wordpress di webuzo.

Langkah Menambahkan Web WordPress Baru di Webuzo

Ada beberapa langkah dalam menambahkan web di webuzo, kita akan bahas sedetail mungkin satu persatu

1. Setting DNS

Langkah pertama adalah setting DNS terlebih dahulu. Hal ini kita lakukan pertama kali supaya kita bisa melanjutkan langkah berikutnya sambil menunggu proses propagasi selesai.

Dalam kasus ini saya menggunakan layanan DNS record dari registrar domain, artinya nameserver masih tetap menggunakan NS registrar domain. Untuk mengubah DNS, anda hanya tinggal masuk ke registrar domain, kemudian pilih menu DNS records, isi dengan Type A, kemudian kosongi kolom Name/Host, dan untuk kolom Answer/Value isi dengan IP VPS anda, TTL biarkan saja default dan klik add record.

Tiap registrar akan berbeda – beda menunya, hanya saja kolomnya kurang lebih sama.

2. Add Domain

Langkah selanjutnya adalah menambahkan domain di webuzo. Login ke webuzo kemudian pilih menu Add Domain

Setelah klik menu Add Domain anda akan masuk ke form Add New Domain. Isi nama domain anda disini, kolom lainnya biarkan saja default, kemudian klik tombol Add Domain.

3. Membuat dan Setting Database

Setelah add domain, kita perlu membuat database untuk web. Caranya kembali ke dashboard utama webuzo dan pilih menu Add Database.

Masukkan nama database untuk web baru, kemudian Create. Langkah berikutnya adalah membuat user baru, caranya pilih menu Add User to Database.

Pertama buat user database baru, masukkan nama user database (maksimal 9 karakter), kemudian isi password yang akan digunakan dan klik Create. Selanjutnya beralih ke menu Add User To Database, kita hubungkan antara user dan database web, pilih user yang barusan dibuat dan database web baru, kemudian klik Add. Setelah itu akan muncul halaman hak akses, centang pilihan All, artinya anda memberikan kuasa penuh pada user tersebut untuk memanage database web baru.

Nah berikutnya catat di Notepad Nama Database, User dan Passwordnya. Kita akan membutuhkannya untuk proses instalasi wordpress.

4. Install WordPress

Silahkan buka putty dan login ke root vps, kemudian masuk ke direktori webuzo dengan perintah

cd /home/username_webuzo/www

ganti username_webuzo dengan username webuzo anda. Setelah itu download wordpress versi terbaru dengan perintah

wget wordpress.org/latest.tar.gz

Ekstrak file wordpress yang barusan kita download menggunakan perintah

tar xzf latest.tar.gz

Setelah proses ekstrak selesai akan muncul direktori baru bernama wordpress, selanjutnya kita copas semua isi direktori wordpress ke direktori web baru kita

cp -rf ./wordpress/* nama_web_baru

ganti nama_web_baru dengan domain web baru anda. Jika sudah, hapus file wordpress yang sudah tidak digunakan

rm -rf wordpress latest.tar.gz

Sampai disini proses berikutnya adalah mengatur wp-config wordpress

nano /home/username_webuzo/www/nama_web_baru/wp-config-sample.php

Sesuaikan alamat direktori dengan milik anda (username dan nama web). Kemudian ganti nama database, user database dan password pada wp-config-sample.php dengan database yang dicatat pada langkah 3.

Setelah selesai save dengan perintah ctrl + O dan keluar dengan perintah ctrl + X.

5. Setup WordPress

Langkah terakhir adalah setup wordpress. Caranya buka web baru anda di browser, jika propagasi sudah selesai maka akan muncul halaman setup wordpress

Pilih bahasa dan klik continue, selanjutnya adalah setup database wordpress

Sesuaikan dengan database, user dan password yang anda buat di webuzo tadi, kemudian klik Submit dan Run Install. Jika berhasil maka akan muncul halaman setting info dan admin wordpress.

Lengkapi semua kolom isian yang diminta, kemudian klik Install WordPress. Jika sudah selesai, anda akan otomatis masuk ke dashboard wordpress, artinya proses menambahkan web baru dan instal wordpress sudah selesai. Web baru anda sudah dapat digunakan.

Secara umum proses antara di cPanel dengan webuzo hampir sama, yang membedakan adalah kita harus membuat database dan setting wp-config manual. Tapi kelebihannya dengan begini penamaan database akan lebih rapi, karena saat menggunakan auto installer softaculous di cPanel nama database akan digenerate dengan nama urutan angka, ini yang bikin ribet ketika mau pindahan hosting atau merubah password wordpress di phpMyAdmin harus ngelihat satu persatu database milik web yang mana (dengan asumsi ada banyak web yang di host dalam satu server).

Leave a Reply